Minggu, 05 Mei 2024

Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 Goes To School di SDN Miritpetikusan

Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 Goes To School di SDN Miritpetikusan

KKN-PPM UGM 2023 melakukan kunjungan ke SDN Miritpetikusan dengan tujuan memberikan edukasi dan keterampilan baru khususnya untuk anak-anak kelas lima dan enam. Kegiatan ini dilakukan selama empat hari di tanggal 17, 18, 21, dan 22 Juli 2023. Kegiatan tersebut antara lain Edukasi Kelola Sampah dengan Bijak, Edukasi Pemilihan Makanan dengan Gizi Seimbang, Edukasi Pentingnya Minum Susu, serta Pembuatan Batik Jumputan.

 

Hari Senin (17/7/2023), kegiatan dimulai dengan memberikan materi Edukasi Kelola Sampah dengan Bijak untuk anak-anak kelas 5. Melalui edukasi ini, diharapkan anak-anak dapat membiasakan diri untuk membuang sampah sesuai dengan jenisnya (organik atau anorganik). Selain itu, Tim KKN-PPM UGM juga mengenalkan konsep 5R (Replace, Recycle, Reuse, Reduce, dan Replant) untuk mengurangi sampah di lingkungan sekitar

 

Hari kedua, Selasa (18/7/2023), Mahasiswa KKN-PPM UGM melakukan edukasi terkait pemilihan makanan dengan gizi seimbang. Kegiatan ini dilakukan bersama anak-anak kelas 6 sebanyak 29 siswa. Edukasi dilakukan dengan pemberian materi mengenai pentingnya memilih makanan dengan kandungan gizi seimbang serta manfaat dari gizi tersebut. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak dapat lebih paham dalam pemilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi berdasarkan nilai gizinya, dengan harapan nantinya dapat menjamin kesehatan anak-anak dari pemenuhan nilai gizi yang dibutuhkan setiap anak.

 

Hari berikutnya, Jumat (21/7/2023), KKN-PPM UGM memberikan Edukasi Pembuatan Batik Jumputan untuk anak-anak kelas 5. Selain memberikan edukasi berupa materi untuk pengenalan Batik Jumputan, KKN-PPM UGM juga mengajak anak-anak untuk praktik langsung membuat Batik Jumputan. Praktik tersebut dapat mengasah anak untuk berpikir kreatif dalam membuat pola dan mengolaborasikan warna pada Batik Jumputan.  

 

Pada Sabtu (22/7/2023), materi terakhir yang diberikan oleh KKN-PPM UGM adalah Edukasi Pentingnya Minum Susu dengan sasaran anak-anak kelas 6. Tujuannya untuk memberikan informasi tentang apa saja manfaat minum susu untuk anak-anak. Minum susu dapat membantu mereka tumbuh menjadi generasi yang sehat dan tangguh. Membiasakan anak dengan gaya hidup yang sehat sejak dini akan membawa manfaat jangka panjang bagi masa depan mereka.


 

Penulis :  

Ana Febriyanti, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM

Haryo Hari Wibowo, Fakultas Peternakan UGM

Zahrah Nida Nur Fadhilah, Sekolah Vokasi UGM

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung