Sabtu, 18 Mei 2024

Sedekah Laut dan Kirab Budaya | MIRITPETIKUSAN

Sedekah Laut dan Kirab Budaya | MIRITPETIKUSAN

Miritpetikusan - 31 Juli 2023

Sabtu 29 Juli 2023 masyarakat tumpah ruah memadati wisata pantai Wuni Melodi Miritpetikusan (Kebumen) untuk mengikuti sedekah laut dan kirab budaya. 

Pemerintah Desa Miritpetikusan dan kelompok nelayan mengadakan tradisi ini satu tahun sekali dalam menyambut tahun baru hijriah juga merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan YME.

Sedekah laut dan kirab budaya dimulai pukul 14.00 WIB dari pintu masuk pantai dengan arak-arakan 4 gunungan hasil bumi dari 3 RW dan 1 dari kelompok pedagang pantai yang diiringi semua lembaga desa juga warga masyarakat Miritpetikusan. Gunungan berupa sayuran buah-buahan serta sesaji yang nantinya akan di larung ke laut lepas .

Arak-arakan juga di meriahkan dengan iring-iringan kuda joget dan kuda lumping. Kades dan ketua nelayan turut serta menaiki kuda yang di arak sampai ke pesisir pantai. Gunungan yang di arak lalu di doakan bersama kemudian di akhir ritual sedekah laut melarung sesaji ke laut lepas.

Tradisi sedekah laut dan bumi merupakan nguri uri budaya juga merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan YME. Sedekah bumi, juga diartikan sebagai sarana memanjatkan doa, agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bencana. 

Ratusan warga dan pengunjung berebut isi gunungan yang sebelumnya di arak. Sejumlah warga bahkan nekat memanjat gunungan dalam hitungan menit, 4 (empat) gunungan ludes di serbu.

Setelah selesai berebut gunungan, warga dan pengunjung menikmati pentas Kuda Kepang Larasati Turonggo Mudo Rukun Sejati juga bazar Sarimi.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung