Sabtu, 18 Mei 2024

Pengukuran Arah Kiblat Di Masjid Bustanul Jannah Miritpetikusan - Februari 2023

Pengukuran Arah Kiblat Di Masjid Bustanul Jannah Miritpetikusan - Februari 2023

Miritpetikusan, 06 Februari 2023

 

Salah satu tugas dan fungsi KUA adalah meningkatkan pelayanan ibadah masyarakat dalam penertiban arah kiblat. Arah kiblat ini dinilai sebagai penyempurna ibadah sholat dan guna menghindari keraguan serta keresahan dimasyarakat dalam melaksanakan ibadah.

Pada Senin [06.02.23] KUA Kecamatan Mirit bekerja sama dengan Penyuluh Agama Islam dan Tim Falakiyah Kementrian Agama Kebumen, takmir, imam masjid, juga Pemdes Miritpetikusan mengadakan pengukuran arah kiblat di Masjid Bustanul Jannah RT 01/03 Miritpetikusan Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. 

Kemenag Kebumen menggunakan alat kompas magnetik dan juga koordinasi lokasi yang akan diukur arah kiblatnya menggunakan GPS. Alhamdulillah Masjid Bustanul Jannah sudah benar arah kiblatnya hanya ada kemiringan sedikit sekitar 0.5°. Setelah dilakukan pengukuran nantinya akan dibuatkan sertifikat hasil pengukuran arah kiblat sebagai bukti bahwa Masjid Bustanul Jannah telah dilakukan pengukuran arah kiblat oleh Kemenag Kebumen.

Kepada seluruh pengelola tempat ibadah baik masjid/mushola bisa mengajukan untuk diadakan pengukuran arah kiblat yang dimaksudkan untuk orang beribadah lebih betul tentang syarat rukunnya sholat terutama arah kiblat. Caranya menghubungi tokoh agama setempat dan Pemerintah Desa kemudian menghubungi KUA lewat penyuluh setempat. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung