Sabtu, 18 Mei 2024

Screening Dan BIAS DT - Td SDN Miritpetikusan - November 2022

Screening Dan BIAS DT - Td SDN Miritpetikusan - November 2022

Miritpetikusan, 14 November 2022

Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

Oleh karena itu, pada hari Senin tanggal 14 November 2022 petugas Kesehatan dari Puskesmas Mirit melakukan Screening dan imunisasi BIAS terhadap siswa di SDN Miritpetikusan. Adapun proses rangkaian Screening meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.

Pelaksanaan kegiatan pemberian imunisasi pada siswa Sekolah Dasar, yakni pemberian vaksin Difteri dan Tetanus (DT) dan vaksin Tetanus (Td) kepada siswa-siswi SDN Miritpetikusan kelas 1, 2 dan kelas 5. Kelas 1 diberikan imunisasi DT, kelas 2 & 5 di berikan imunisasi Td.

Imunisasi BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung