Sabtu, 18 Mei 2024

Pertemuan Rutin Kader Posyandu Miritpetikusan Juli 2022

Pertemuan Rutin Kader Posyandu Miritpetikusan Juli 2022

Pertemuan Rutin Kader Posyandu Miritpetikusan Juli 2022

Miritpetikusan - 11 Juli 2022

Pertemuan rutin Kader Desa Miritpetikusan mendapat sosialisasi kesehatan reproduksi untuk calon pengantin (catin) dari BKKBN Kecamatan Mirit di kantor PKD Miritperikusan, Senin (14/03). Kegiatan ini diikuti oleh semua Kader Miritpetikusan, turut hadir Bidan Desa Ibu Nuntari Hadiyah, dan Ibu Septi Diah Sukmawati, S.K.M dari BKKBN Kecamatan Mirit selaku pembicara.

Calon pengantin (catin) yang akan menikah merupakan cikal bakal terbentuknya sebuah keluarga, sehingga sebelum menikah catin perlu mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat menjalani kehamilan sehat sehingga dapat melahirkan generasi penerus yang sehat dan menciptakan keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas.

Oleh karena itu, BKKBN Kecamatan Mirit melakukan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Bagi Calon Pengantin Kepada Para Kader Catin Miritpetikusan.

Dalam materinya, Ibu Septi Diah Sukmawati menyampaikan penjelasan tentang Aplikasi Elsimil Catin yang isinya tentang aplikasi yang menjelaskan cara cepat penurunan stunting, faktor penyebab dan cara penanganan stunting.

Dijelaskan pula hal-hal yang perlu diketahui dalam persiapan kesehatan pranikah diantaranya pemeriksaan kesehatan, imunisasi tetanus yg bertujuan untuk mencegah dan melindungi catin yang kelak akan menjalani masa kehamilan dan melahirkan sekaligus melindungi bayi dari penyakit tetanus dan persiapan gizi yang dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan yang bergizi dan mengatur pola makan.

Selain itu juga dijelaskan tentang batasan umur atau usia nikah catin.

Pendamping catin di Desa Miritpetikusan ada 6, yaitu: Ibu Meinika, Ibu Manis, Ibu Bidan Nuntari, Ibu Pawitri, dan Ibu Wati. Untuk para Catin di Desa Miritpetikusan diharapkan melaporkan kepada pendamping catin minimal tiga bulan sebelum hari H. Yang nantinya para Catin akan mendapat bimbingan dan pemeriksaan seperti Penimbangan berat badan, LILA, pengukuran lingkar perut, tinggi badan, dan HB.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung