Minggu, 19 Mei 2024

Grebeg Syawal Atau Grebeg Kidul

Grebeg Syawal Atau Grebeg Kidul

Miritpetikusan - 5 Mei 2022

Grebeg Syawal atau grebeg kidul merupakan salah satu tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Salah satunya adalah di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

Tradisi grebeg Syawal di desa Miritpetikusan tahun ini dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Mei, tradisi grebeg kidul dilakukan bersama dengan slamatan syawalan.

Grebeg ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Desa Miritpetikusan akan tetapi juga oleh pengunjung dari berbagai daerah yang datang ke pantai Desa Miritpetikusan.

Pada tradisi ini, banyak orang berbondong-bondong untuk pergi ke pantai. Khusus pantai Miritpetikusan. Pantai Miritpetikusan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak diminati pengunjung, bukan hanya tempatnya yang bagus dan masih alami, tetapi biaya masuknya pun murah. Hanya dengan membayar uang infaq seikhlasnya dan biaya parkir Rp. 2.000,- sudah bisa menikmati keindahan pantai Miritpetikusan.

Tradisi Grebeg Syawal ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu wisata keluarga. Selain itu, juga dapat menjalin silaturahmi karena banyak orang yang akan kita jumpai di laut. Sebagian masyarakat sekitar memanfaatkan grebeg Syawal ini untuk berjualan. Mulai dari berjualan makanan, minuman, mainan anak, pakaian, dan masih banyak lagi.

Grebeg Syawal itu sendiri adalah acara rutin turun temurun yang dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri, biasanya tanggal 2 dan 3 Syawal.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung