Sabtu, 18 Mei 2024

Gombrang, Tradisi Bersih Makam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Gombrang, Tradisi Bersih Makam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Miritpetikusan, 17 Maret 2022

Pemerintah Desa Miritpetikusan mengadakan kerja bakti (Gombrang) atau bersih desa dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Kamis (17/03). Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa Miritpetikusan Bapak H. Amad Mafangil, Perangkat Desa Miritpetikusan, serta masyarakat sekitar.

Gombrang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadhan pada bulan Ruwah atau Syaban. Kegiatan berupa bersih makam, bersih desa, dan doa bersama. Bersih desa dilaksanakan di tiga tempat yaitu, komplek Balai Desa Miritpetikusan, Komplek Makam Mbah Jogoniti Miritpetikusan, dan komplek Almukaromah atau tempat yang dikeramatkan di belakang RA Siti Aminah Miritpetikusan atau Jalan Kepek. 

"Kegiatan ini (Gombrang) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan pada bulan Ruwah atau Syaban. Bersih desa dilaksanakan di 3 tempat yaitu komplek Balai Desa Miritpetikusan, komplek Makam Simbah Jogoniti Miritpetikusan, dan komplek Almukaromah atau dikeramatkan di belakang RA Siti Aminah Miritpetikusan atau Jalan Kepek. Sekarang bersih2 dulu terus pada hari Sabtu tahlil, bersama perangkat desa, pemerintah desa, dan masyarakat setempat" tutur Bapak M. Muslikhudin, S.Pd.I selaku Sekretaris Desa.

Semoga kegiatan hari ini bermanfaat bagi kita semua, Sebagai umat muslim semoga kita dapat mengambil hikmah bulan Suci Ramadhan yang akan datang. Semoga Bulan Syawal ini kita menjadi manusia yang lebih baik.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung