Minggu, 19 Mei 2024

Sambut Romadzon 1442H Menuju Desa yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghoffur

Sambut Romadzon 1442H Menuju Desa yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghoffur

Dalam rangka menyambut bulan suci Romadzon 1442H .Pada hari ini Jumat 26 Maret 2021 Pemerintah desa Miritpetikusan dan Warganya melaksanakan  kegiatan yang berupa :

1. Tasyakuran. kegiatan ini merupakan tanda syukur kepada sang pencipta atas segala sesuatu yang sudah di berikan  kepada kita semua. Bentuk kegiatan ini berupa masakan nasi tumpeng lengkap dengan lauknya yang berupa daging  ayam utuh.  Nasi ini di masak dengan santan dan di kasih daun salam dan garam sehingga terasa gurih dalam bahasa Jawa di sebut rasul sedangkan masakan ayamnya di sebut ingkung

2. Bersih Desa. Kegiatan ini berupa bersih - bersih komplek makam leluhur dan mendoakannya (Ziarah kubur) dalam bahasa Jawa di sebut Resik. Bersih desa ini di laksanakan oleh pemerintah desa dan warga setempat. Adapun makam yang di bersih kan adalah makam leluhur atau cikal bakal / yang babat desa pada jaman dahulu yaitu kyai Jogo Niti. Sebagian orang ada yang mempercayai bahwa beliau masih saudara Mbah Lancing yang makamnya ada di desa Mirit kecamatan Mirit. Makam kyai Jogo Niti ini berada di komplek SD dan lapangan desa Miritpetikusan tepatnya di RT 02/01.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan artinya dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya  yaitu di bulan sya'ban / ruwah menjelang bulan suci Romadzon dan lazim di kenal dengan sebutan sadranan

Pada kegiatan  Tasyakuran kali ini di laksanakan di pendopo balaidesa dan sebagai imam doa di pimpin oleh bapak kyai Dawud yang merupakan tokoh agama setempat.

Adapun Tujuan kegiatan ini adalah

1. Mensyukuri kenikmatan yang sudah kita terima

2. Mendoakan para leluhur kita

3. Memuliakan bulan suci Romadzon

4. Melestarikan budaya Jawa yang islami

Kegiatan Tasyakuran / sadranan ini juga di laksanakan oleh semua warga dan di koordinasi oleh masing masing Kadus yang rencana pelaksanaan nya besuk hari Minggu tanggal 28 Maret 2021 dengan memotong kambing di wilayah kasusnya masing masing, begitu juga dengan bersih makam akan di laksanakan oleh warga di makam leluhur nya masing-masing.

Miritpetikusan. 26 Maret 2021

Penulis

M. Muslihudin, S. PD.I ( Sekretaris Desa Miritpetikusan )

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung